EphyNahdi

EphyNahdi

Jumat, 21 Oktober 2011

STP kewirausahaan


Sriyono, dulu dia pernah menjadi miliarder, namun saat ini hanya pria yang berjualan siomay keliling. Namun, ada sisi menarik dari kehidupan pria ini yang jarang ditemui pada setiap orang. Dan berkat penampilannya yang eksentrik dan unik saat berjualan siomay keliling, predikat miliarder itu tampaknya bakal kembali disandangnya. Menjadi penjual siomay keliling dengan pakaian dan aksesori serba pink membuat Sriyono terkenal, dan anehnya justru penjual siomay ini pertama kali terkenal adalah di dunia maya. Mantan miliarder itu juga pernah menjadi bintang tamu di sebuah stasiun televisi. Bahkan, ada yang menawari bermain sinetron. Semua itu dia lakukan demi bisa bertemu anaknya. Kebanyakan warga di rute jualan Sriyono di kawasan kelas menengah ke atas di Jalan Gandaria Tengah, Jakarta Selatan, tidak ada orang yang tahu namanya (Sriyono). namun, coba saja sebut Siomay Pink (barang dagangan Sriyono), maka hampir semua akan mengenali pria ini, mulai dari sopir bemo, satpam, tukang ojek, hingga anak-anak.

·         SEGMENTASI “SIOMAY YO PINK”
1.       GEOGRAFI
Siomay Yo Pink ini menawarkan dan menjualkan siomay ke berbagai daerah Jakarta. Sekarang dia pun membuka gerai siomay di beberapa lokasi (salah satu cabangnya berada di tanggerang) dan mall di Jakarta.
2.       DEMOGRAFI
Siomay Yo Pink sangat diminati oleh seluruh kalangan. Baik anak-anak , remaja wanita atau laki-laki dan juga diminati oleh orang tua.
3.       PSIKOGRAFI
Siomay Yo Pink diminati oleh mereka yang pelajar dan juga mereka yang bekerja. Karena siomay merupakan makanan yang disukai oleh berbagai kalangan dan usia. Orang kalangan menengah ke atas pun sering membeli siomay ini. Karena Siomay Yo Pink pun dijual dan didagangkan di lingkungan perumahan menengah ke atas.
·         TARGETTING
v  Undifferent
Mengapa Siomay Yo Pink target’a adalah undifferent? Karena dari analisis ini terbukti usahanya memang mencakup segalanya. Ia membuka usahanya di berbagai daerah Jakarta dan salah satu cabangnya berada di tanggerang. Peminatnya pun dari anak-anak sampai orang dewasa dan lanjut usia (wanita / pria). Siomay nya pun diminati oleh mereka yang sangat mapan karena menurut mereka, yang terutama adalah citra rasa dari makanan tersebut.
·         POSITIONING
Didalam penanaman citra produk siomay ini, sriyono memberikan penampilan yang eksentrik dan unik saat berjualan siomay keliling. Sriyono juga mengenakan kaus pink, bercelana pendek pink, topi pink, serta jam dan bahkan anting pink. Peminatpun banyak bukan hanya karena penampilannya yang serba pink,tetapi juga citra rasa yang bisa diterima oleh lidah kita wagra Jakarta. Itulah yang membuat sriyono sukses dengan usaha Siomay Yo Pink dan sekarang memiliki 20 armada sepeda dan penjual pink untuk menjualkan siomay-nya itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar